ALQUR'AN SUMBER ILMU

Pendidikan merupakan ujung tombak dalam menjalani hidup, Baik dan tidaknya pengetahuan yang dimiliki oleh generasi kegenarasi merupakan kunci sendi negara itu sendiri. Dijaman serba canggih teknologi dewasa ini memudahkan akses ilmu menjadi mudah dan cepat, namun dari sisi lain teknologi juga menjadi pemicu kehancuran akhlak,akidah dan iman manusia.

Dunia pendidikan diseluruh penjuru dunia memprioritaskan teknologi disetiap sudut lingkungan pendidikan. Hal ini diwujudkan untuk memudahkan pelajar dalam mencari dan mengkaji ilmu pengetahuan secara cepat dan akurat. Adanya teknologi yang baik tidak menjadikan perubahan yang baik pula untuk generasi kita, bahkan teknologi menjadi boomerang bagi pelajar dikarnakan kesalahan dalam menggunakannya.


Apakah teknologi yang diagung-agungkan harus dimusnahkan? tentu saja tidak. Disini diperlukan pengawasan yang baik untuk mereka agar tidak salah dalam menggunakannya. Pengawasan keluarga, sahabat, masyarakat dan perhatian serta kewaspadaan pemerintah sangat diperlukan dalam hal ini, generasi muda akan terarah jika para motivator atau tenaga pendidik bisa mengajarkan peserta didik (siswa/siswi) tentang pentingnya teknologi positif, dimana sangat berbahaya jika digunakan untuk hal-hal yang negatif.

Islam merupakan agama yang sangat menjunjung tinggi dunia pendidikan bagi pengikutnya, bahkan turunnya ayat Alqur'an pertama memerintahkan Nabi Muhammad untuk membaca atau belajar, Alqur'an juga mewajibkan kepada seluruh muslim dan muslimat menuntut ilmu. Dengan demikian tidak ada alasan bagi muslim untuk alergi dengan pendidikan, apapun nama lembaga tersebut asal pendidikan dan ajarannya tidak merusak aqidah dan iman kita kepada Allah, maka kewajiban bagi muslim untuk ikut meramaikannya. Pendidikan bagi islam adalah hatinya perkembangan atau peradaban dunia, kemajuan suatu bangsa terletak kepada ilmuwan yang dimiliki, sedangkan kehancuran suatu bangsa terlepas dari ilmuwan yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Bagi muslim yang ta'at sudah tentu mempelajari segala ilmu pengetahuan dari firman Allah (Al-qur'an) dan mengkaji serta menjalankan hadith-hadith Rasulullah S.A.W. Jika Al-Qur'an menjadi landasan hidup, alasan hidup, tombak hidup, solusi hidup dan segala-galanya dalam kehidupan, maka dunia ini akan tenang,damai dan sejahtera. Namun, umumnya cenderung lebih menyukai pemikiran yang dirintis oleh ilmuwan yang memang makhluk dari sang Pencipta Al-Qur'an itu sendiri, dimana keabsahan dan realita fakta yang benar akan teori ilmu itu belum tentu bisa dipastikan bahkan menjadi boomerang bagi pengikutnya.

Alqur'an adalah ilmu, pendidikan dan pedoman hidup bagi seluruh makhluk yang ada di alam ini, tiada satu katapun yang ada didalamnya terdapat celaan dan kebohongan, apalagi melahirkan kesesatan, kedhaliman dan kesengsaraan bagi pengikutnya yang setia. Al-qur'an adalah sumber ilmu yang sangat dalam bahkan tidak bisa diukur dengan dalamnya samudra, begitulah istilah isi kandungan dalam Al-qur'an yang tiada bandingannya. Teknologi yang bisa memperbudak manusia dewasa ini bisa dibentengi dengan menerapkan pemahaman terhadap Al-qur'an secara mendasar kepada generasi kita, dekatkan mereka dengan siraman agama, ajarkan mereka tafsir kalam Ilahi, sehingga ajaran tersebut berbekas dihati. Dengan hidayah kalam Ilahi tersebut sehebat apapun guncangan tekhnologi tidak akan begitu terpengaruh karena hidayah, nikmat dan lindungan adalah milik Allah, jika penguasa semesta ini melindungi hambaNYA, maka semesta alampun akan tunduk dan setia melayani.

Didalam Alqur'an terdapat ilmu yang kadang luput dari pemahaman kita bahkan ilmu yang sudah lazim kita ketahui, Al-Qur'an memberitahukan kita akan manfaat buah-buahan seperti, pisang(al-Waaqi’ah [56]: 28-33), Anggur(al-Mu`minuun [23]: 19), Delima(al-An’aam [6]: 141), Zaitun (an-Nahl [16]: 10-11), Kurma(ar-Ra’d [13]: 4), dan At-Tiin.(https://plus.google.com/110810607402467895105/posts/bL1xQvtQA2K).

Alqur'an juga menerangkan ilmu lainnya,baik itu ekonomi, politik, geographis, kedokteran, astronomi, sosiologi, sejarah dan lain-lain. 

Kesimpulan:
1. Alqur'an adalah sumber ilmu.
2, Bentengi hidup dengan Alqur'an
3. Utamakan Al-Qur'an sebagai pendidikan dasar
4. Kuasai Al-Qur'an dengan baik
5. Jadikan Al-qur'an sebagai pedoman.
6. Al-Qur'an Adalah kunci kehidupan dunia dan akhirat.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Lahirnya Prostitusi-PSK (pekerja Sek Komersial) dan Pencegahan berkembangnya PSK

Konflik dan Penyelesaiannya