NAFSU DAN HATI KECIL

Keinginan atau kehendak merupakan satu sifat yang melekat dan dapat membahayakan setiap insan, terlalu mengedepankan nafsu tanpa memikirkan sebab negatif dan positif kedepan, akan menimbulkan pemaksaan kehedak terhadap diri sendiri yang terkadang belum layak untuk di penuhi. Nafsu merupakan salah satu indikator kesuksesan setiap insan, karena dengan nafsu inilah kita memiliki impian, harapan dan perencanaan yang menggerakkan kita untuk meraih masa depan yang lebih baik. Namun, nafsu juga menjadi salah satu sumber kegagalan bagi setiap insan. 


Nafsu bisa menyeret manusia tidak beradab, buas bahkan menjadikan manusia lebih hina daripada binatang.Hati kecil merupakan unsur utama kebaikan bagi setiap tindak-tanduk dan tingkah laku manusia, hati kecil sering sekali bertentangan dengan kehendak atau nafsu yang salah. Ketika kita melakukan tindakan yang  salah, maka dapat kita simpulkan kita telah keluar dari koridor hati kecil. Ada pepatah arab yang memerintahkah kita untuk menanyakan hati kecil setiap akan melakukan sesuatu, kenapa? Karena hati kecil seringkali memberikan gambaran baik dan buruk terhadap pekerjaan yang akan kita lakukan, bahkan seringkali hati kecil kita menyesali setiap perbuatan salah yang telah kita lakukan.

Dilema hati kecil dan nafsu sedang melanda saya setelah sekian lama bekerja mengincar rupiah, hatik kecil mengisyaratkan untuk berhenti mengejar duniawi dan memulai hidup baru yang menenangkan hati dan jiwa serta dekat dengan Allah. Sedangkan nafsu terus mengajak saya untuk terus bekerja dan bekerja, di mana semakin dikejar semakin kurang dan kurang yang saya rasakan. Untuk membuat satu keputusan yang baik dalam menjalani sisa umur ini agar tidak salah dalam melangkah. Istiqarah dan berdoa kepada Allah untuk menunjukkan dan menetapkan hati saya pada satu keputusan yang baik. Alhamdulillah, kesimpulan akhir saya tetapkan untuk melepas jabatan yang bersifat duniawi yang terkendala oleh jarak dan waktu, dan mengambil amanah jabatan yang dekat dan mudah di jangkau.

Melawan nafsu dengan hati kecil akan menbuat hati kita tenang, selain leluasa dan mendidik kita lebih dewasa dalam mengontrol diri, hati kecil juga mendorong semangat berjuang untuk hidup dengan suasana yang tenang. Kita semua menginginkan jabatan yang baik dan menghasilkan angka nominal dalam rekening cukup memuaskan, tapi terkadang ada juga perasaan yang datang dari hati kecil yang paling dalam bahwa nominal yang masuk tidak sesuai dengan apa yang pekerjaan yang kita lakukan. Bila itu melanda diri anda, maka bersegeralah berdoa dan meminta petunjuk dari Allah. Hidayah dan bisikan yang datang dari dalam hati merupakan sumber kebaikan dan salah satu bisikan dari Allah melalui hati agar kita menghindari dan takut akan dosa terhadap tanggung jawab yang sedang kita pikul.

Nafsu dan hati kecil dua sumber yang saling berhubungan satu sama lainnya, jika keduanya sanggup kita kelola dengan baik dan benar, Insya Allah, hidup kita akan berlalu dengan kebaikan, penuh keberkahan dan hidayah Allah. Nafsu dan hati kecil saling berseberangan dan bertentangan tatkala salah satunya bergerak atau mengajak individu untuk melakukan sifat hina dan tercela. Untuk mengontrolnya kita harus berpikir, merenung dan berijtihad kepada Allah agar apa yang akan kita lakukan baik dan tidak menyalahi dari hukum syar’i.

Allahu A’lam. Semoga Bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

ALQUR'AN SUMBER ILMU

Sejarah Lahirnya Prostitusi-PSK (pekerja Sek Komersial) dan Pencegahan berkembangnya PSK

Konflik dan Penyelesaiannya